Bandung
ke Sukabumi

Travel Bandung Sukabumi

Travel Bandung Sukabumi

Layanan Bus Bandung ke Sukabumi

Durasi Rata-rata: 4 hours 10 mins
Bus berangkat dari: Bandung
Bus tiba di: Sukabumi
Jarak: 130 km
Tiket Bus Termurah: IDR 90000
Bus Pertama: 04:00
Bus Terakhir: 20:00
Total Layanan Bus per Hari: 17
Perusahaan Bus: Siliwangi Trans, Pasteur Trans

Travel Bandung Sukabumi Tiket Bus

Sukabumi adalah salah satu destinasi lokal di Indonesia yang wajib dikunjungi pecinta wisata alam. Terletak di provinsi Jawa Barat, kota ini memiliki akses ke area gunung, danau, dan curug yang menawarkan keindahan menawan khas alam Indonesia, seperti kawasan Situ Gunung yang tersohor. Sejak zaman kolonial Belanda, kota Sukabumi juga merupakan salah satu wilayah dengan perkembangan paling pesat di provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang strategis dan sejarah perkebunan tehnya menjadi faktor pendorong Sukabumi untuk menjadi pusat perekonomian yang menarik para pendatang dari luar. Dengan kondisi iklim yang relatif lebih sejuk dibandingkan wilayah sekitarnya, Sukabumi pun mampu membuat betah para turis maupun pendatang yang ingin singgah dan mengagumi keindahan alam di sekitarnya.

Travel Bandung Sukabumi via Cianjur berjarak 97,9 km. Normalnya, jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam. Namun, pada waktu tertentu pada pagi atau sore hari, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 30 menit lebih lama karena arus lalu lintas menuju pabrik yang banyak terdapat di wilayah perjalanan. Sewaktu masa liburan atau high season, waktu tempuh juga bisa mencapai 5 jam karena rute ini banyak dipakai wisatawan sebagai rute alternatif menuju kawasan wisata Puncak, Bogor.

Daftar Operator Travel Bandung Sukabumi

Perusahaan Otobus (PO) yang melayani rute bus Bandung Sukabumi adalah:

  • MGI

Harga rata-rata untuk tiket rute travel Bandung Sukabumi adalah antara Rp70.000-95.000,-. Harga tersebut bisa meningkat 50-100% pada musim puncak liburan. Perusahaan otobus (PO) terbaik yang menyediakan rute ini adalah MGI, dengan jadwal bus Bandung Sukabumi dari pukul 05.00 pagi untuk keberangkatan pertama hingga pukul 20.00 malam untuk keberangkatan terakhir. Bus MGI tersedia setiap hampir 30 menit sekali pada pagi dan sore, dan sejam sekali untuk waktu lainnya.

  • Siliwangi Trans
  • F-Trans

Titik Keberangkatan dan Titik Penurunan

Titik keberangkatan utama untuk bus Bandung Sukabumi adalah Terminal Leuwi Panjang di Bandung, sedangkan titik penurunan penumpang di Sukabumi adalah Terminal KH Ahmad Sanusi. Waktu ideal untuk bepergian adalah pada pagi atau sore hari, tetapi Anda juga bisa bepergian pada malam hari dengan menggunakan layanan Siliwangi Trans pada pukul 20.00 atau paling malam, F-Trans pada pukul 22.15.

Anda bisa mencapai Terminal Leuwi Panjang secara mudah dengan menggunakan angkutan kota (angkot) atau layanan ojek daring.

Fasilitas Travel Bandung Sukabumi

PO yang melayani rute jadwal bus Bandung Sukabumi biasanya tidak akan berhenti di rest area mana pun, sehingga pastikan Anda sudah ke kamar kecil dan menyiapkan makanan minuman ringan atau kebutuhan lainnya sebelum melakukan perjalanan.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Sukabumi

Sukabumi banyak menawarkan atraksi wisata menarik jika Anda menyukai wisata alam atau petualangan. Untuk mencapai beberapa tempat tersebut, Anda memang harus menaiki kendaraan lain karena posisinya cukup jauh dari tengah kota, tapi dijamin Anda tidak akan menyesal saat sudah mengunjungi tempat-tempat berikut:

  • Situ Gunung: Kawasan ini menawarkan berbagai objek wisata alami dan buatan seperti danau, gunung, dan jembatan gantung terpanjang di seluruh Asia Tenggara. Cocok untuk wisata kemping, rekreasi alam, maupun outbound, tempat ini adalah salah satu destinasi wisata paling populer di pulau Jawa.
  • Karang Aji Beach Villa: Salah satu pilihan menginap paling menarik di Pelabuhan Ratu, villa Karang Aji menyediakan pelayanan yang ramah dan fasilitas modern. Pelabuhan Ratu sendiri menyajikan panorama khas yang merupakan perpaduan indah dari pantai, karang, dan pemandangan matahari terbenam.
  • Danau Bacan: Salah satu danau paling cantik di kawasan Jawa Barat dengan warna hijau airnya yang khas. Objek wisata ini masih tergolong baru karena airnya berasal dari hujan semata, yang turut menjadi keunikan tersendiri.
  • Curug Luhur Cigangsa: Air terjun yang menawarkan dua pemandangan menawan dari puncak maupun dari bawah air terjun. Selain air terjunnya sendiri, pepohonan hijau khas alam Sukabumi dan dinding bebatuan alami turut menjadi daya tarik dari kawasan ini.
  • Kampung Ciptagelar: Salah satu kampung adat yang sangat terbuka bagi pengunjung dan wisatawan. Di sini, Anda bisa menjalani wisata alam maupun budaya di tengah masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat istiadat setempat dengan arsitektur rumah dan warisan budaya lainnya yang amat khas.
  • Pantai Cicaladi: Dikenal juga dengan sebutan Pantai Karang Bolong, pantai ini berjarak 30 km dari Ujung Kulon. Walau wisatawan dilarang berenang karena ketinggian ombaknya, Anda tetap dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan keelokan bukit rerumputan luas dengan karang bolong dan tebing tinggi di sekitar.

Poin-poin Penting untuk Diingat Saat Melakukan Travel Bandung-Sukabumi

Hingga saat ini akses menuju Sukabumi dari Bandung hanya dapat ditempuh melalui jalur darat. Selain membawa kendaraan pribadi, bepergian naik bus bisa menjadi solusi bagi penumpang yang enggan menyetir. Berikut informasi penting yang harus diperhatikan sebelum bepergian naik bus Bandung Sukabumi.

  • Berdasarkan peta digital, jarak antara kota Bandung dan Sukabumi terpaut 96,3 km. Jika Anda berangkat dari Bandung menuju Sukabumi dibutuhkan waktu sekitar 3 jam 9 menit untuk tiba di lokasi. Durasi perjalanan tersebut kurang atau lebih tergantung kondisi lalu lintas saat itu.
  • Harga tiket travel Bandung Sukabumi dijual mulai Rp69.000-Rp75.0000
  • Jadwal keberangkatan bus Bandung Sukabumi dimulai pukul 04.00 WIB, sedangkan bus terakhir dijadwalkan berangkat pukul 20.00 WIB
  • Total ada 12-24 armada bus Bandung Sukabumi yang tersedia setiap harinya
  • Untuk pilihan operator, Anda bisa memilih antara travel Siliwangi Trans atau Pasteur Trans. Di antara keduanya Siliwangi Trans (5,0) merupakan operator paling direkomendasikan.
  • Penumpang dipersilakan naik dari Balubur Town Square atau Pasteur. Dua tempat tersebut merupakan lokasi keberangkatan populer di Bandung. Sementara lokasi kedatangan terpopuler di Sukabumi berada di Chumbicha dan Cicurug.
  • Berkunjung ke Sukabumi tak lengkap rasanya kalau belum mendatangi sejumlah tempat wisata menarik seperti Curug Cikaso, Kampung Ciptagelar, dan Pantai Cicaladi
  • Bagi penikmat kuliner, ragam makanan khas Sukabumi seperti Bubur Ayam Bunut, Roti Priangan, Nasi Tutug Oncom, Nasi Uduk Ungu, dan Bandros Atta yang bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau.
  • Baik masyarakat dan wisatawan yang datang ke Sukabumi wajib menerapkan protokol kesehatan. Bagi pengunjung yang menginap di hotel perlu menunjukkan hasil PCR SWAB atau rapid antigen. Pembatasan pengunjung sebanyak 50% juga diterapkan pada tempat-tempat makan.
  • Bagi masyarakat yang berencana ke Sukabumi dalam waktu dekat, Anda bisa memesan tiket bus rute Bandung-Sukabumi di redBus. Guna meminimalisasi penularan Covid-19, redBus telah menerapkan program Safety+ yang mewajibkan seluruh operator melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah perjalanan, memakai masker sepanjang perjalanan, mengecek suhu tubuh, dan menyediakan hand sanitizer.

Penafian: Jadwal, rute, dan harga tiket bus dapat berubah. Periksa informasi terkini di aplikasi atau situs web redBus.


redBus, Tujuan Satu Atap untuk Tiket Bus di Indonesia

Memesan tiket bus kini telah menjadi mudah dan nyaman berkat berbagai kemajuan teknologi. Dan seperti bagaimana smartphone telah berkembang dari jaringan telepon rumah tradisional, metode pemesanan lama telah berkembang menjadi pemesanan online. Pelanggan tidak lagi harus berdiri dalam antrian dan naik bus atau menerima apa adanya kursi yang disediakan agen, karena redBus menawarkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk memesan tiket. Jadwal bus, daftar operator, penawaran terbaru, fasilitas yang disediakan, kursi, pelanggan bisa menemukan segalanya di platform redBus, yang dapat diakses dari manapun. Klik di sini untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan Anda saat Anda memesan tiket bus dengan redBus.

Untuk melihat pedoman COVID-19 yang diperbarui, kunjungi halaman Tiket Bus Online di redBus. Pelanggan dapat mengunjungi www.redBus.id untuk mengetahui lebih lanjut tentang perjalanan bus atau operator bus favorit sebelum memesan tiket.


Batalkan Tiket Bus Bandung ke Sukabumi Anda dan Dapatkan Uang Kembali dengan Garansi Uang Kembali

redBus menawarkan satu lagi cara yang fleksibel dalam hal memesan tiket bus dari Bandung ke Sukabumi di Indonesia. Dengan Garansi Uang Kembali, sekarang penumpang dapat membatalkan tiket bus dari Bandung ke Sukabumi dan mendapatkan uang kembali. Pelanggan hanya harus memastikan bahwa add-on Garansi Uang Kembali telah dipilih saat mereka memesan tiket bus dari Bandung ke Sukabumi melalui platform redBus. Penumpang akan harus membayar biaya layanan saat mereka memilih add-on Garansi Uang Kembali. Dengan ini, pelanggan dapat menerima uang kembali dalam jumlah wajar sampai 75% dari harga tiket bus mereka jika mereka membatalkan tiket sebelum perjalanan bus dimulai. Garansi Uang Kembali menawarkan fleksibilitas dan menghilangkan ketidaknyamanan yang timbul jika pelanggan harus membatalkan tiket dari Bandung ke Sukabumi akibat keadaan yang tidak terduga.


Gambar Teratas

MGI Bus-Front Image
MGI Bus-Front Image
MGI Bus-Front Image
MGI Bus-Front Image
MGI Bus-Front Image

Jaminan Redbus

bus
Harga Terbaik Harga terbaik dengan banyak diskon luar biasa
bus
Pembayaran Mudah Bayar menggunakan Transfer Bank, Kartu Kredit, Alfamart & Go-Pay
bus
Banyak Pilihan Armada 100+ Perusahaan otobus dan shuttle & 2000+ Rute
bus
Trusted Brand Digunakan Lebih dari 17 juta customer di seluruh Dunia
OPERATOR BUS TERBAIK
operator logo
Siliwangi Trans
operator logo
Pasteur Trans

Jadwal & Harga Tiket Bus Bandung ke Sukabumi

Operator BusBus PertamaBus TerakhirDurasi
Siliwangi Trans
Pasteur Trans

POIN BOARDING & DROPPING LAINNYA DI

Bandung

Sukabumi


    FAQs

    Bagaimana cara memesan tiket bus secara online di Indonesia?
    Anda dapat memesan bus pilihan Anda ke tujuan mana pun di Indonesia dengan masuk ke situs web redBus di redbus.id . Situs ini mudah digunakan, dan Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat memesan tiket bus.
    Bagaimana cara memesan bus dari Bandungke Sukabumi?
    Anda dapat pergi ke terminal bus, lalu mengunjungi konter operator bus pilihan Anda, antre menunggu giliran, memilih tempat duduk, dan memesan tiket. Atau, Anda dapat mengunjungi redbus.id dan memesan tempat duduk dalam 5 menit.
    Apakah saya perlu mencetak tiket saya sebelum naik bus?
    Ada dua kemungkinan. Pertama, jika titik keberangkatan ada di terminal mana pun di Indonesia, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket bus yang telah dikirim ke email dalam format PDF. Kedua, jika titik keberangkatan ada di halte bus, bukan terminal, maka Anda akan menerima M-ticket yang harus ditunjukkan sebelum naik ke bus. Jika operator tidak mengirimkan M-ticket, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket PDF yang telah dikirim ke email ID terdaftar yang Anda gunakan untuk memesan tiket bus di situs web redBus. Beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan bila Anda tidak melakukan hal tersebut.
    Apakah saya bisa mengubah jadwal perjalanan saya setelah memesan tiket?
    Bisa. Tetapi, fitur ini terbatas hanya untuk beberapa operator bus di Indonesia. Sebelum memesan tiket, cek apakah ada simbol ubah jadwal.
    Bagaimana cara membayar tiket bus di situs web redBus?
    Ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau dapat memilih salah satu bank yang ada di daftar ketika Anda mengklik FPX (Transfer Bank Online Indonesia).

    Keamanan Perjalanan selama Covid-19

    Update Covid-19 pada Rute Bus Bandung ke Sukabumi

    Bepergian dengan Aman dari Bandung ke Sukabumi selama pandemi Covid-19
    • Saat bepergian dari Bandung ke Sukabumi selama pandemi Covid-19, penumpang wajib mematuhi aturan sesuai dengan ketentuan pemerintah dan otoritas daerah. Penumpang dapat menemukan pokok-pokok dari pembatasan yang berlaku dari rute Bandung ke Sukabumi di laman ini.
    Ketentuan Tes Covid-19 dan Karantina
    • Jika Anda perlu menjalani tes Covid-19 saat bepergian dari Bandung ke Sukabumi selama pandemi Covid-19 atau mencari peraturan tentang karantina, laman ini akan memberikan Anda informasi tersebut, sehingga Anda dapat menyiapkan dokumen selama perjalanan.
    Daftar Bacaan yang Bermanfaat
    • Penumpang perlu mengunjungi situs resmi Pemerintah dan memperhatikan validitas tes PCR Covid-19 untuk perjalanan di rute bus ini.
    Persyaratan Perjalanan Bus dan Shuttle
    • Untuk melindungi penumpang dari COVID-19, beberapa operator bus dan shuttle di Indonesia telah mengambil langkah-langkah preventif tambahan. Penumpang diminta mencatat persyaratan perjalanan ini sebelum memulai perjalanan mereka.

    Panduan umum Covid-19 untuk diikuti selama di Sukabumi

    covid-partial
    Wajib memakai masker
    covid-partial
    Jaga jarak minimal 1 meter
    covid-partial
    Cuci tangan atau pakai hand sanitizer
    covid-partial
    Periksa suhu badan di tempat-tempat umum