Bus Jakarta ke Surabaya

Bus dari Jakarta ke Surabaya

Jakarta dan Surabaya merupakan dua kota besar di Indonesia dengan tata kota yang modern. Meski bukan ibukota negara seperti Jakarta, namun Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Timur, sekaligus sebagai kota kedua terbesar setelah Jakarta. Dengan begitu, tak heran jika industri pariwisata di Surabaya juga maju dengan sangat pesat.

Perjalanan menuju Surabaya bisa ditempuh dari ibukota Jakarta dengan berbagai moda transportasi, salah satunya bus. Ragam pilihan operator bus yang memberikan beragam fasilitas menarik yang bikin perjalanan jadi semakin menyenangkan bikin bus jadi salah satu moda transportasi yang digemari untuk melakukan perjalanan wisata ke kota Pahlawan ini. Jarak Jakarta Surabaya melalui jalan darat adalah 784 km dan membutuhkan waktu 8 jam untuk menyelesaikannya.

Pilihan Operator Bus Jakarta Surabaya

Ada berbagai operator bus Jakarta – Surabaya yang bisa dijadikan pilihan sarana transportasi, antara lain:

  • Harapan Jaya
  • Sinar Jaya
  • Kramat Djati
  • Pahala Kencana
  • Tiara Mas
  • Mawar
  • Haryanto
  • Karina/ Lorena
  • Medali Mas
  • Sari Indah
  • Rasa Sayang
  • Titian Mas

Untuk operator bus Jakarta – Surabaya dengan reputasi terbaik ada pada armada Harapan Jaya, Sinar Jaya, Haryanto, Lorena/ Karina, Pahala Kencana, dan Kramat Djati. Harapan Jaya merupakan tipe bus double decker dengan model 2 tempat duduk sleeper seats, dengan fasilitas kursi pijat, AVOD (Audio Video on Demand) dan banyak makanan ringan. Sedangkan bus Sinar Jaya memberikan kualitas suite class dengan kursi sleepers seats, ditambah fasilitas AVOD.

Harga Tiket Bus Jakarta Surabaya

Harga tiket bus Jakarta – Surabaya adalah sekitar Rp300.000 saat waktu normal. Sedangkan saat peak season, harga tiket bisa melonjak sebanyak 50% - 100%.

Mayoritas bus memiliki boarding point di Terminal Pulogebang, Jakarta dan Dropping Point di Terminal Bungurasih, Surabaya.

Durasi, Frekuensi dan Waktu Istirahat Operator Bus Jakarta – Surabaya

  • Setiap operator bus akan berhenti di rest area saat waktu makan
  • Terdapat lebih dari 50 layanan perjalanan bus Jakarta – Surabaya setiap harinya
  • Waktu tiba bus di Surabaya yang ideal adalah antara pukul 12.00 – 17.00. Kebanyakan penumpang memilih perjalanan di malam hari agar bisa tiba di Surabaya di esok paginya

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Surabaya

Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Surabaya, di antaranya:

  • Tugu Pahlawan: Tugu Pahlawan dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada 10 November 1945. Tempat ini terbuka setiap hari untuk para pengunjung. Di landmark ini juga bisa dijumpai patung proklamator Indonesia yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, serta Museum 10 November.
  • Surabaya Zoo: Binatang Surabaya Zoo ini sangat populer di Indonesia. Pernah dinobatkan sebagai kebun terlengkap se-Asia Tenggara, Surabaya Zoo memiliki lebih dari 351 spesies satwa berbeda yang terdiri dari 2.806 binatang di dalamnya.
  • Ekowisata Mangrove: Di Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur, Ekowisata Mangrove memiliki luas lahan lebih dari 800 hektar. Terdapat pula 83 spesies burung eksotik dan langka serta bambangan kuning, cangak merak, perkutut Jawa dan punai gading di lokasi ini. Berbagai jenis tanaman bakau dan nonbakau introduksi (hasil reboisasi) juga bisa ditemui di Ekowisata Mangrove.
  • Kebun Bibit: Suasana dingin, sejuk dan segar di Kebun Bibit Surabaya. Selain rimbun dengan banyak pohon dan tanaman, di sini juga terdapat beberapa hewan seperti kelinci, rusa, kancil dan beberapa ikan kecil. Pengunjung bisa memberi makan hewan-hewan ini dengan membeli makanan seharga Rp1.000 saja.
  • Ken Park: Beijing di Surabaya bisa ditemukan di Ken Park. Adanya vihara dan kuil dengan desain unik bisa jadi latar foto yang menarik. Kawasan yang cukup luas, di dalam lokasi ini terdapat juga beberapa wahana wisata menarik, seperti waterpark, area berkuda, sirkuit balap, hingga tempat pemancingan
  • Taman Bungkul: Taman yang terletak di pusat kota Surabaya ini diresmikan pada 2007 dan terus berkembang dengan pesat. Terdapat fasilitas plaza untuk menonton berbagai pertunjukan di atas panggung, arena skateboard dan BMX, kawasan taman hijau dengan air mancur, zona Wi-Fi gratis, dan lain-lain. Pada 2013, taman ini bahkan mendapat penghargaan The Asian Townscape Award dari PBB. 
  • House of Sampoerna: Bangunan yang awalnya didirikan sebagai panti asuhan ini kini berkembang menjadi tempat penyimpanan warisan sejarah dan budaya. Selain memuat informasi tentang sejarah panjang perusahaan Sampoerna, bagian lainnya dari bangunan ini juga menyimpan berbagai suvenir dan koleksi barang antik khas Surabaya. HoS juga merupakan bagian dari tur bus Surabaya Heritage Tour yang mengelilingi kawasan utara kota Surabaya, atau yang juga dikenal sebagai ‘Kota Tua Surabaya’. 
  • Hutan Bambu Keputih: Terletak di bagian timur Surabaya, hutan ini memiliki sejarah menarik karena dulunya merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, pemkot Surabaya berhasil mengalihfungsikannya menjadi tempat tujuan wisata yang cantik dan mengundang banyak wisatawan untuk berfoto di sana. Nuansa yang dihadirkan hutan bambu ini bahkan mengingatkan pada hutan bambu Arashiyama yang terkenal di Jepang.

 

Safety+ 

redBus meluncurkan Safety+, identifikasi keselamatan Covid-19 baru yang membantu operator bus menunjukkan kepatuhan mereka dengan langkah-langkah keselamatan seperti yang disarankan oleh pemerintah. Pengguna juga dapat melihat tanda ini untuk mengidentifikasi layanan bus yang mengikuti semua panduan dan dengan demikian memastikan perjalanan yang lebih aman.

Jika sebuah bus ditandai dengan tanda Safety+, Anda dapat yakin bahwa bus tersebut telah mengalami desinfeksi dan dijalankan oleh staf yang sehat yang mengenakan masker dan sarung tangan selama perjalanan. Hand Sanitizer dipasang di bus-bus ini untuk penggunaan individu oleh para penumpang.

Untuk memastikan perlindungan total, pengguna diminta untuk menjaga jarak sosial distancing dan mengikuti semua tindakan kebersihan pribadi. Ini termasuk menggunakan masker wajah, menghindari perjalanan jika memiliki penyakit, dan mencuci tangan secara teratur. 

Kunjungi www.redbus.id atau unduh aplikasi resmi redBus untuk mendapatkan penawaran dan potongan harga eksklusif.

Penafian: Waktu keberangkatan, rute, dan harga tiket bus dapat berubah sewaktu-waktu. Silakan hubungi kantor setempat untuk mendapatkan informasi terkini.


Gambar Teratas

PO Mawar Bus-Front Image
PO Mawar Bus-Front Image
PO Mawar Bus-Front Image
PO Mawar Bus-Front Image
PO Mawar Bus-Front Image

Jaminan Redbus

bus
Harga Terbaik Harga terbaik dengan banyak diskon luar biasa
bus
Pembayaran Mudah Bayar menggunakan Transfer Bank, Kartu Kredit, Alfamart & Go-Pay
bus
Banyak Pilihan Armada 100+ Perusahaan otobus dan shuttle & 2000+ Rute
bus
Trusted Brand Digunakan Lebih dari 17 juta customer di seluruh Dunia
OPERATOR BUS TERBAIK
operator logo
Pahala Kencana
operator logo
Sinar Jaya
operator logo
Haryanto
operator logo
Harapan Jaya
operator logo
LORENA

Jadwal & Harga Tiket Bus Jakarta ke Surabaya

Operator Bus Bus Pertama Bus Terakhir Durasi
Haryanto

POIN BOARDING & DROPPING LAINNYA DI

Jakarta

Surabaya


FAQs

Bagaimana cara memesan tiket bus secara online di Indonesia?
Anda dapat memesan bus pilihan Anda ke tujuan mana pun di Indonesia dengan masuk ke situs web redBus di redbus.id . Situs ini mudah digunakan, dan Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat memesan tiket bus.
Bagaimana cara memesan bus dari Jakartake Surabaya?
Anda dapat pergi ke terminal bus, lalu mengunjungi konter operator bus pilihan Anda, antre menunggu giliran, memilih tempat duduk, dan memesan tiket. Atau, Anda dapat mengunjungi redbus.id dan memesan tempat duduk dalam 5 menit.
Apakah saya perlu mencetak tiket saya sebelum naik bus?
Ada dua kemungkinan. Pertama, jika titik keberangkatan ada di terminal mana pun di Indonesia, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket bus yang telah dikirim ke email dalam format PDF. Kedua, jika titik keberangkatan ada di halte bus, bukan terminal, maka Anda akan menerima M-ticket yang harus ditunjukkan sebelum naik ke bus. Jika operator tidak mengirimkan M-ticket, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket PDF yang telah dikirim ke email ID terdaftar yang Anda gunakan untuk memesan tiket bus di situs web redBus. Beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan bila Anda tidak melakukan hal tersebut.
Apakah saya bisa mengubah jadwal perjalanan saya setelah memesan tiket?
Bisa. Tetapi, fitur ini terbatas hanya untuk beberapa operator bus di Indonesia. Sebelum memesan tiket, cek apakah ada simbol ubah jadwal.
Bagaimana cara membayar tiket bus di situs web redBus?
Ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau dapat memilih salah satu bank yang ada di daftar ketika Anda mengklik FPX (Transfer Bank Online Indonesia).
Apa cara paling murah bagi kita untuk pergi dari Jakarta ke Surabaya?
Cara termurah untuk pergi dari Jakarta ke Surabaya adalah dengan naik bus. Harga tiket bus Jakarta Surabaya jauh lebih murah setidaknya 50% dari harga tiket pesawat. Dimulai dari Rp210.000,-, Anda sudah dapat membeli tiket Jakarta Surabaya dan menikmati perjalanan antarkota antarprovinsi tanpa harus antre beramai-ramai di tempat umum. Sementara itu, karena adanya pandemi Covid-19, perjalanan pesawat terbang menjadi semakin ketat dan merepotkan dan harga tiket pesawat terbang bisa dua kali lipat dibandingkan tiket bus.
Apakah redBus memberikan harga promo untuk rute Jakarta–Surabaya?
redBus selalu berupaya memberikan harga dan pelayanan terbaik bagi para calon penumpang. Anda dapat menemukan promo diskon atau cashback menarik di situs web atau aplikasi redBus yang bisa dilihat di https://m.redbus.id/offers. Setiap promo yang ditawarkan juga akan tertera di halaman pemesanan tiket di situs web atau aplikasi redBus.
Apakah aman untuk pergi dari Jakarta ke Surabaya selama masa pandemi?
Baik Jakarta di provinsi DKI Jakarta maupun Surabaya di provinsi Jawa Timur kini memiliki status zona oranye selama masa pandemi. Artinya risiko penularan Covid-19 berada di tingkat sedang. Meskipun begitu, masih ada daerah-daerah yang berstatus zona merah di kedua provinsi tersebut. Jadi jika Anda ingin bepergian dari Jakarta ke Surabaya, ikutilah protokol kesehatan secara disiplin. Jangan lupa memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan secara berkala. redBus juga berupaya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penumpang dengan bekerja sama dengan operator bus agar perjalanan Anda aman. Bus Jakarta Surabaya yang memiliki sticker Safety+ mengikuti protokol kesehatan di mana setiap unit bus disterilisasi sebelum dan sesudah setiap perjalanan dan tempat duduknya berjarak.
Apa persyaratan khusus untuk masuk ke Surabaya dan Jawa Timur dari Jakarta?
Tidak ada persyaratan khusus untuk keluar masuk Jawa Timur, kecuali bahwa setiap pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak dari orang lain dan menghindari kontak fisik, dan mencuci tangan secara berkala. Namun ada baiknya Anda tetap membawa kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor sebagai identitas diri dan, jika memungkinkan, membawa surat keterangan hasil negatif tes Covid-19. Unduh dan aktivasi juga aplikasi PeduliLindungi dari App Store atau Play Store juga demi keamanan Anda.
Ke mana saya harus melaporkan kasus Covid-19 jika saya menemukannya di Surabaya?
Anda dapat melaporkan kasus Covid-19 di Jawa Timur dengan menghubungi 1500-117.