Travel Surabaya Solo

Poin-poin Penting untuk Diingat Saat Melakukan Travel Surabaya Solo

Solo merupakan kota besar di Jawa Tengah yang menjunjung tinggi budaya Jawa. Hal itu dibuktikan dengan pelestarian tradisi kuno, kerajinan tradisional, serta kultur kerajaan. Solo juga memiliki kuliner khas dan beberapa destinasi wisata berbasis kearifan lokal.

Jika tertarik mengunjungi Solo, Anda bisa berangkat dari Surabaya dengan memperhatikan informasi travel Surabaya Solo berikut ini.

  • Surabaya ke Solo berjarak sekitar 268 kilometer. Untuk melakukan perjalanan ke Solo, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 3—4 jam via tol atau sekitar 6—7 jam melalui jalan umum.
  • Tiket bus Surabaya Solo dibanderol rata-rata Rp90.000—250.000.
  • Bus pertama untuk rute Surabaya-Solo berangkat mulai pukul 03.00 WIB. Sementara bus terakhir beroperasi pada pukul 23.00 WIB.
  • Ada 6 operator bus yang melayani rute Surabaya-Solo dengan jumlah armada lebih dari 30 unit.
  • Beberapa bus yang mendapatkan rating tinggi dari penumpang, yaitu Sugeng Rahayu (4.4) dan Medali Mas (4.3).
  • Anda bisa naik bus ke Solo dari titik keberangkatan terpopuler di Surabaya, yaitu pool masing-masing operator bus dan Terminal Bungurasih. Untuk titik penurunan di Solo, tersedia di Terminal Tirtonadi, Pabelan, dan Gemblegan.
  • Saat liburan di Solo, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Jumog, Candi Ceto, Keraton Solo, dan Museum Purbakala Sangiran.
  • Kuliner Solo identik dengan cita rasa khas Jawa. Sebagai referensi, Anda bisa mengunjungi Selat Solo Mbak Lies, Soto Gading Alun-Alun Selatan, Bale Padi Resto, dan Tahu Kupat Pak Brewok.
  • Solo adalah salah satu kota yang menerapkan standar protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pelayanan Adminduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga dilakukan secara online. Selain itu, ada pembatasan kunjungan di pusat perbelanjaan, seperti mal.
  • Sebagai upaya edukasi, Pemerintah Solo rutin mengadakan operasi yustisi dan membagikan masker gratis untuk masyarakat. Sampai dengan 22 Februari 2021, Solo juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro.
  • Untuk moda transportasi yang melakukan travel Surabaya Solo, wajib menerapkan Safety+. Peraturan ini mengharuskan penumpang untuk memakai masker dan sarung tangan, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Travel Surabaya Solo Tiket Bus

Travel Surabaya Solo bisa jadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Kota Solo – yang juga dikenal dengan sebutan Surakarta – di provinsi Jawa Tengah dikenal untuk seni budaya dan kulinernya. Bersama dengan Yogyakarta, Surakarta atau Solo merupakan pewaris Kesultanan Mataram yang dipecah menjadi dua melalui Perjanjian Giyanti. Banyak orang menganggap Surakarta dan Yogyakarta sebagai ‘saudara’. Walaupun lebih dikenal sebagai kota bisnis daripada kota wisata dibandingkan saudaranya tersebut, Solo masih menawarkan berbagai atraksi wisata menarik. Dari wisata alam sampai wisata kuliner, Solo merupakan kota wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Apalagi karena, pada tanggal-tanggal tertentu, Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran menyelenggarakan berbagai perayaan yang bisa disaksikan dan diikuti oleh wisatawan.

Jarak Surabaya Solo membentang sepanjang 262 km. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk travel Surabaya Solo adalah 5-6 jam. Beberapa operator bus melakukan perjalanan melalui tol. Tarif tol Surabaya Solo adalah sekitar Rp 250.000. Bus Surabaya Solo dapat dipesan melalui situs web atau aplikasi redBus.id dengan memilih jadwal dan harga yang paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Daftar Operator Travel Surabaya Solo

Berikut ini adalah daftar Perusahaan Otobus (PO) yang melayani rute travel Surabaya Solo:

  • Eka
  • Sugeng Rahayu
  • Kramat Djati
  • Putra Agung

Harga tiket bus Surabaya Solo dimulai dari Rp 75.000. Saat ini Eka dan Sugeng Rahayu menawarkan tiket Surabaya Solo dengan harga Rp 115.000. Harga ini bisa naik pada saat musim liburan. Hampir semua operator bus untuk perjalanan dari Surabaya ke Solo menawarkan bus kelas eksekutif.

Ada banyak keberangkatan dalam sehari, bisa mencapai 50 keberangkatan per hari, untuk rute travel Surabaya Solo karena jarak Surabaya Solo yang tidak terlalu jauh. Waktu keberangkatan yang populer untuk rute ini adalah sekitar pukul 17.00 sampai pukul 19.00, di saat waktu pulang kerja. Namun ada juga operator bus yang menawarkan jam keberangkatan yang lebih awal, seperti Eka yang memulai keberangkatan dari pukul 08.00 pagi. Bus terakhir di rute ini adalah pada pukul 19.55 yang dijalankan oleh Sugeng Rahayu.

Semua bus Surabaya Solo menawarkan perjalanan direct.

Titik Keberangkatan dan Titik Penurunan

Titik keberangkatan populer di Surabaya adalah Terminal Bungurasih, namun ada juga operator bus yang menjalankan keberangkatan dari pool masing-masing.

Sementara itu tempat penurunan di Solo adalah Terminal Tirtonadi.

Cek detail bus saat memesan tiket perjalanan Surabaya Solo untuk mengetahui secara spesifik titik keberangkatan dan titik penurunan masing-masing bus. Baik titik keberangkatan maupun titik penurunan dapat dicapai dengan naik bus dalam kota atau taksi biasa atau taksi/ojek online.

Fasilitas Travel Surabaya Solo

Setiap bus yang melakukan travel Surabaya Solo akan berhenti di rest area di mana penumpang bisa beristirahat selama perjalanan untuk makan dan pergi ke toilet.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Solo

Berikut adalah beberapa tempat-tempat dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat di Solo:

  • Pasar Klewer: Solo terkenal atas kualitas kain-kain batiknya. Pasar Klewer adalah pasar tradisional di mana Anda bisa menemukan berbagai jenis dan kualitas dari Batik. Pasar yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta ini jmerupakan pusat perbelanjaan kain batik yang menjadi rujukan para pedagang dari daerah lain di Pulau Jawa.
  • Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran: Dua tujuan wisata populer yang tak lekang oleh waktu di Solo adalah dua ‘istana’ Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Keraton Surakarta dibangun terlebih dahulu, dimulai pada tahun 1744. Sementara itu Pura Mangkunegaran mulai dibangun pada 1757. Keduanya mengikuti gaya arsitektur bernuansa Eropa yang populer pada saat itu.
  • Ngarsopuro Night Market: Pasar malam ini unik: bukanya hanya 4 jam, setiap hari Sabtu, dari pukul 18.00 sampai 22.00. Di sini pengunjung dapat menemukan kuliner khas Solo dan barang-barang khas Solo untuk diperjualbelikan. Banyak barang antik yang dapat dibeli di pasar yang letaknya di depan Istana Mangkunegaran, di mana pembeli boleh menawar harga.
  • Wisata Batik: Sebagai kota batik, Solo juga memiliki beberapa event publik untuk merayakan seni tradisional Jawa ini. Solo menggelar Karanaval Batik Solo dan Solo Batik Fashion. Pengunjung juga dapat berbelanja di Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo atau mengunjungi Kampung Batik Laweyan untuk belajar membuat batik.
  • Tawangmangu, Karanganyar: Terletak di lereng Gunung Lawi sebelah barat, posisi geografis kecamatan ini membuatnya sejuk dan dingin. Pengunjung Solo dapat naik bus selama 1 jam untuk sampai di Tawangmangu di mana Anda kemudian dapat mengunjungi beberapa atraksi wisata seperti Grojogan Sewu, Air Terjun Pringgodani, dan masih banyak lagi.

Safety +


Safety + adalah fitur baru dari redBus yang memastikan semua tindakan pencegahan Covid-19 yang penting diikuti di semua aspek perjalanan bus. Ini termasuk sanitasi setelah setiap perjalanan, penggunaan masker wajah dan sarung tangan, pemeriksaan suhu berkala, dan pemasangan pembersih berbahan dasar alkohol di dalam bus dan di tempat naik / turun.


Operator bus dapat menggunakan tanda Safety+ untuk menunjukkan bahwa kendaraan dan staf mereka mematuhi semua tindakan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Pengguna juga dapat menggunakan fitur ini untuk mengidentifikasi layanan bus yang mengikuti semua panduan.


Sebagai bagian dari tindakan ini untuk memastikan perjalanan bus yang lebih aman di Indonesia, redBus meminta semua penggunanya untuk mengikuti langkah-langkah sosial dan menjaga jarak. Saat bepergian, kenakan masker wajah, gunakan pembersih tangan, dan hindari menyentuh wajah Anda. Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda tidak sehat, hindari bepergian untuk sementara waktu.  


redBus, Tujuan Satu Atap untuk Tiket Bus di Indonesia

Memesan tiket bus kini telah menjadi mudah dan nyaman berkat berbagai kemajuan teknologi. Dan seperti bagaimana smartphone telah berkembang dari jaringan telepon rumah tradisional, metode pemesanan lama telah berkembang menjadi pemesanan online. Pelanggan tidak lagi harus berdiri dalam antrian dan naik bus atau menerima apa adanya kursi yang disediakan agen, karena redBus menawarkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk memesan tiket. Jadwal bus, daftar operator, penawaran terbaru, fasilitas yang disediakan, kursi, pelanggan bisa menemukan segalanya di platform redBus, yang dapat diakses dari manapun. Klik di sini untuk mendapatkan informasi terbaru tentang perjalanan Anda saat Anda memesan tiket bus dengan redBus.

Pelanggan dapat mengunjungi laman Tiket Bus Online atau mengunjungi www.redBus.id untuk mengetahui lebih banyak tentang perjalanan bus atau operator bus favorit sebelum memesan tiket.


Batalkan Tiket Bus Surabaya ke Solo Anda dan Dapatkan Uang Kembali dengan Garansi Uang Kembali

redBus menawarkan satu lagi cara yang fleksibel dalam hal memesan tiket bus dari Surabaya ke Solo di Indonesia. Dengan Garansi Uang Kembali, sekarang penumpang dapat membatalkan tiket bus dari Surabaya ke Solo dan mendapatkan uang kembali. Pelanggan hanya harus memastikan bahwa add-on Garansi Uang Kembali telah dipilih saat mereka memesan tiket bus dari Surabaya ke Solo melalui platform redBus. Penumpang akan harus membayar biaya layanan saat mereka memilih add-on Garansi Uang Kembali. Dengan ini, pelanggan dapat menerima uang kembali dalam jumlah wajar sampai 75% dari harga tiket bus mereka jika mereka membatalkan tiket sebelum perjalanan bus dimulai. Garansi Uang Kembali menawarkan fleksibilitas dan menghilangkan ketidaknyamanan yang timbul jika pelanggan harus membatalkan tiket dari Surabaya ke Solo akibat keadaan yang tidak terduga.


Gambar Teratas

Sugeng Rahayu Bus-Front Image
Sugeng Rahayu Bus-Front Image
Sugeng Rahayu Bus-Front Image
Sugeng Rahayu Bus-Front Image
Sugeng Rahayu Bus-Front Image

Jaminan Redbus

bus
Harga Terbaik Harga terbaik dengan banyak diskon luar biasa
bus
Pembayaran Mudah Bayar menggunakan Transfer Bank, Kartu Kredit, Alfamart & Go-Pay
bus
Banyak Pilihan Armada 100+ Perusahaan otobus dan shuttle & 2000+ Rute
bus
Trusted Brand Digunakan Lebih dari 17 juta customer di seluruh Dunia
OPERATOR BUS TERBAIK
operator logo
Pahala Kencana
operator logo
Eka
operator logo
MG Travel
operator logo
Medali Mas
operator logo
Sugeng Rahayu
operator logo
Kramat Djati Jakarta

Jadwal & Harga Tiket Bus Surabaya ke Solo

Operator Bus Bus Pertama Bus Terakhir Durasi
Pahala Kencana
Eka
MG Travel
Medali Mas
Sugeng Rahayu

POIN BOARDING & DROPPING LAINNYA DI

Surabaya

Solo


FAQs

Bagaimana cara memesan tiket bus secara online di Indonesia?
Anda dapat memesan bus pilihan Anda ke tujuan mana pun di Indonesia dengan masuk ke situs web redBus di redbus.id . Situs ini mudah digunakan, dan Anda hanya butuh beberapa menit untuk dapat memesan tiket bus.
Bagaimana cara memesan bus dari Surabayake Solo?
Anda dapat pergi ke terminal bus, lalu mengunjungi konter operator bus pilihan Anda, antre menunggu giliran, memilih tempat duduk, dan memesan tiket. Atau, Anda dapat mengunjungi redbus.id dan memesan tempat duduk dalam 5 menit.
Apakah saya perlu mencetak tiket saya sebelum naik bus?
Ada dua kemungkinan. Pertama, jika titik keberangkatan ada di terminal mana pun di Indonesia, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket bus yang telah dikirim ke email dalam format PDF. Kedua, jika titik keberangkatan ada di halte bus, bukan terminal, maka Anda akan menerima M-ticket yang harus ditunjukkan sebelum naik ke bus. Jika operator tidak mengirimkan M-ticket, Anda harus mencetak dan menunjukkan tiket PDF yang telah dikirim ke email ID terdaftar yang Anda gunakan untuk memesan tiket bus di situs web redBus. Beberapa operator mungkin mengenakan biaya tambahan bila Anda tidak melakukan hal tersebut.
Apakah saya bisa mengubah jadwal perjalanan saya setelah memesan tiket?
Bisa. Tetapi, fitur ini terbatas hanya untuk beberapa operator bus di Indonesia. Sebelum memesan tiket, cek apakah ada simbol ubah jadwal.
Bagaimana cara membayar tiket bus di situs web redBus?
Ada berbagai metode pembayaran yang ditawarkan. Pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit, kartu debit, atau dapat memilih salah satu bank yang ada di daftar ketika Anda mengklik FPX (Transfer Bank Online Indonesia).